Parade Lenggak Lenggok mewarnai kemeriahan Festival Batanghari

Parade Lenggak Lenggok Mewarnai Kemeriahan Festival Batanghari

Festival Batanghari yang diselenggarakan setiap tahun di Provinsi Jambi merupakan acara yang sangat dinantikan oleh masyarakat setempat. Festival ini memperingati sungai terpanjang di Sumatera, Sungai Batanghari, yang memiliki nilai historis dan budaya yang tinggi bagi masyarakat Jambi.

Salah satu acara yang paling menarik dalam Festival Batanghari adalah Parade Lenggak Lenggok, di mana peserta dari berbagai daerah di Jambi menampilkan tarian tradisional yang khas dan memukau. Para penari memakai kostum tradisional yang berwarna-warni dan berkilauan, serta mengenakan hiasan kepala yang cantik.

Tarian-tarian yang ditampilkan dalam Parade Lenggak Lenggok ini bervariasi, mulai dari tarian persembahan kepada sungai Batanghari, tarian perang, hingga tarian yang menggambarkan kehidupan sehari-hari masyarakat Jambi. Para penari menari dengan penuh semangat dan keindahan, sehingga menarik perhatian penonton yang hadir.

Selain tarian tradisional, dalam Parade Lenggak Lenggok juga terdapat atraksi musik tradisional yang mengiringi para penari. Musik yang dimainkan menggunakan alat musik tradisional seperti gendang, rebana, dan seruling, memberikan nuansa yang semakin meriah dan memukau.

Parade Lenggak Lenggok tidak hanya menjadi sarana hiburan bagi masyarakat Jambi, tetapi juga sebagai ajang untuk melestarikan budaya dan tradisi lokal. Dengan mengikuti dan menonton Parade Lenggak Lenggok, generasi muda dapat belajar dan memahami nilai-nilai budaya yang dimiliki oleh masyarakat Jambi.

Festival Batanghari telah menjadi bagian dari identitas dan kebanggaan masyarakat Jambi. Melalui Parade Lenggak Lenggok, kemeriahan dan keindahan Festival Batanghari semakin terpancar dan dapat dinikmati oleh semua orang yang hadir. Semoga Festival Batanghari dan Parade Lenggak Lenggok terus berlangsung dan menjadi tradisi yang tetap lestari di Provinsi Jambi.